Semangat Hidup Sehat Mampu Atasi Pandemi COVID-19

Senin, 30 Maret 2020 - 21:01 WIB
Semangat Hidup Sehat Mampu Atasi Pandemi COVID-19
Semangat Hidup Sehat Mampu Atasi Pandemi COVID-19
A A A
JAKARTA - Menjaga kesehatan terbukti dapat melindungi diri dari penularan COVID-19. Hal ini bisa dilakukan antara lain dengan menerapkan pola hidup sehat, tidak menyentuh benda di tempat umum, serta tak menyentuh wajah, mulut, dan hidung saat belum mencuci tangan.

Konsumsi makanan menyehatkan seperti sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin serta mineral dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga menjadi upaya pencegahan yang dipercaya mampu menekan angka penyebaran virus. Faktanya, imunitas tubuh yang kuat dapat melindungi diri dari penularan virus corona baru yang menyebabkan pandemi COVID-19.

Sayang, tidak semua orang mau menerapkan pola hidup sehat. Bagi mereka yang tak terbiasa, tentu hal ini akan menjadi tantangan tersendiri. Agar semangat hidup sehat tetap menyala di tengah pandemi COVID-19, psikolog Kasandra Putranto memberikan beberapa tips.

"Semua ada dalam pikiran. Saat ini perang melawan virus harus diatasi dengan makan sehat, tidur sehat, olahraga sehat, bekerja sehat dari rumah, dan beribadah," kata Kasandra kepada SINDOnews, Senin (30/3).

"Corona sendiri adalah jenis virus yang sangat unik. Karena selain menyerang pernapasan, karakteristiknya juga fatal pada kelompok rentan. Sementara meski gejalanya lebih ringan pada kelompok tidak rentan, namun tetap berpotensi menjadi pembawa virus yang sangat bisa menularkan kepada orang lain," lanjutnya.

Pada dasarnya, virus merupakan makhluk hidup berukuran mikro atau biasa disebut mikroorganisme yang hanya dapat berkembang bila memiliki inang, seperti pada manusia atau hewan. Pada saat menemukan inangnya, virus akan menjelajah masuk ke dalam sel tubuh manusia dan dapat merusaknya. Di sinilah imunitas tubuh dibutuhkan.

“Imunitas atau sistem kekebalan berperan sebagai barrier yang berfungsi menahan tubuh dari serangan berbagai virus. Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, virus akan tetap ada di dalam tubuh, hanya virus tersebut bersifat dormant atau tertidur," beber dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK, seorang spesialis gizi klinik.

Untuk memperkuat imunitas tubuh, Diana menekankan pentingnya disiplin dalam hal memilih asupan. Asupan yang baik tidak hanya dari buah dan sayur, tetapi juga protein. Protein khususnya dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin menaikan sistem kekebalan tubuh.

"Konsumsi sayuran dan buah (vitamin dan mineral) tentu diperlukan. Hanya, yang perlu diingat adalah tetap menjaga konsumsi gizi secara seimbang. Contohnya di dalam satu piring harus mencakup karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin, dan mineral," sebut Diana.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5789 seconds (0.1#10.140)